Lionel Andrés Messi (lahir 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina) adalah pemain sepak bola yang kini bermain untuk FC Barcelona dan Argentina sebagai striker atau pemain sayap. Dianggap salah satu pemain sepakbola terbaik dari generasinya, Messi menerima beberapa Ballon d’Or dan FIFA World Player nominasi pada usia 21 tahun, dan menang pada tahun 2009 dan 2010 Gaya bermain dan kemampuannya telah menarik perbandingan dengan Diego Maradona, yang sendiri menyatakan Messi sebagai “pengganti” nya.

Messi mulai bermain sepakbola pada usia muda dan potensi dengan cepat diidentifikasi oleh Barcelona. Dia meninggalkan tim muda Old Boys Rosario berbasis Newel yang pada tahun 2000 dan pindah ke Eropa, karena Barcelona menawarkan pengobatan untuk kekurangan hormon pertumbuhannya, Membuat debutnya di musim 2004-05, dia memecahkan rekor timnya untuk pemain termuda yang mencetak gol liga. Mayor kehormatan segera diikuti ketika Barcelona memenangkan La Liga di musim debutnya Messi, dan memenangkan ganda liga dan Liga Champions pada tahun 2006. Musim 2006-07, ia menjadi pemain pertama yang biasa mencetak hat-trick di El Clasico dan selesai dengan 14 gol dalam 26 pertandingan liga.

Messi kemudian memiliki musim paling sukses dalam karirnya bermain, musim 2008-09, di mana ia mencetak 38 gol untuk memainkan bagian integral dalam kampanye treble-menang. Musim ini memecahkan rekor kemudian dikalahkan dalam kampanye 2009-10 berikut, di mana Messi mencetak 47 gol di semua kompetisi, menyamai total rekor Ronaldo untuk Barcelona. Ia melampaui rekor ini lagi di musim 2010-11 dengan 53 gol di semua kompetisi. Messi telah memenangkan lima gelar La Liga, tiga gelar Liga Champions, dan mencetak gol di dua final tersebut. Dan menerima medali pemenang dari turnamen. Setelah mencetak 12 gol di Liga Champions UEFA 2010–11[|Liga Champions 2010-11]], Messi menjadi pemain ketiga hanya (setelah Gerd Muller dan Jean-Pierre Papin) ke atas-skor dalam kampanye tiga Piala Klub Eropa Juara berturut-turut ‘. Namun, Messi adalah yang pertama untuk memenangkan gelar Liga Champions pencetak gol tebanyak selama tiga tahun berturut-turut setelah Liga Champions berubah format pada tahun 1992. Messi adalah pencetak gol terbanyak World Youth Championship FIFA 2005 dengan enam gol, termasuk dua di pertandingan final.

Tak lama kemudian, ia menjadi anggota tim senior mapan internasional Argentina. Pada tahun 2006, ia menjadi termuda Argentina untuk bermain di Piala Dunia FIFA dan dia memenangkan medali runner-up di turnamen Copa América tahun berikutnya. Pada tahun 2008, di Beijing, ia memenangkan kehormatan internasional pertamanya, medali emas Olimpiade, dengan tim sepak bola Olimpiade Argentina.

Kehidupan Awalnya

Messi lahir di Rosario, Santa Fe, orang tua Jorge Horacio Messi, seorang pekerja pabrik baja, dan Celia María Cuccittini, pembersih paruh waktu. keluarga ayah-Nya berasal dari Italia kota Ancona, dari mana nenek moyangnya, Angelo Messi, beremigrasi ke Argentina pada tahun 1883. Ia memiliki dua saudara tua bernama Rodrigo dan Matías serta saudara perempuan bernama María Sol . pada usia lima tahun , Messi mulai bermain sepakbola untuk Grandoli, sebuah klub lokal dilatih oleh ayahnya Jorge pada tahun 1995, Messi beralih ke Old Boys Newell itu yang berbasis di rumahnya kota Rosario. pada usia 11, ia didiagnosa dengan kekurangan hormon pertumbuhan. para River Plate tradisional menunjukkan minat dalam kemajuan Messi, tapi tidak punya cukup uang untuk membayar pengobatan untuk kondisinya yang biaya $ 900 per bulan. Carles Rexach, direktur olahraga dari FC Barcelona, menyadari bakatnya sebagai Messi punya kerabat di Lleida, Catalonia, dan Messi dan ayahnya mampu mengatur pengadilan. Rexach, dengan tidak ada kertas lain di tangan, menawarkan Messi kontrak tertulis pada serbet kertas. FC Barcelona ditawarkan untuk membayar tagihan medis Messi jika ia bersedia pindah ke Spanyol. Messi dan ayahnya pindah ke Barcelona dimana Messi terdaftar di akademi pemuda klub.

Karir Klub

Messi membuat debut resminya untuk tim pertama pada 16 November 2003 berusia 16 tahun dan 145 hari, dalam pertandingan persahabatan melawan FC Porto. Kurang dari setahun, dia membuat debut liganya melawan RCD Espanyol pada 16 Oktober 2004 (pada usia 17 tahun dan 114 hari), menjadi pemain termuda ketiga yang pernah bermain untuk Barcelona dan klub pemain termuda yang bermain di La Liga. Catatan ini dirusak oleh Bojan Krick pada September 2007. Dia mencetak gol pertamanya melawan Albacete Balompe pada 1 Mei 2005, Messi 17 tahun, sepuluh bulan dan tujuh hari tua, menjadi termuda yang pernah mencetak gol di pertandingan La Liga untuk Barcelona, tetapi dikalahkan oleh Bojan Krick.

Karir Internasional

Pada juni 2004, ia memulai debutnya bersama Argentina saat melawan Paraguay d pertandingan persahabatan. Pada tahun 2005 ia bagian dari tim yang memenangkan Kejuaraan Dunia FIFA 2005, dan memenangkan Ballon r’Or dan Golden Shoes. Dia membuat debut internasional penuh pada 17 Agustus 2005 melawan Hungaria pada usia 18. . Messi kembali ke tim pada tanggal 3 September di kualifikasi Piala Dunia, dan akhir musim 2005-06 cedera menerpa dia selama dua bulan dan terancam kehadirannya di Piala Dunia 2006.

Kehidupan Pribadi

Mempunyai hubungan romantic dengan Macarena Lemos, juga dari kampong halaman di Rosario. Dia dikatakan telah diperkenalkan kepadanya oleh ayah gadis itu ketika ia kembali ke Rosario pulih dari cedera beberapa hari sebelum dimulainya Piala Dunia 2006.

Pada tahun 2007 mendirikan Messi Leo Messi Foundation, sebuah badan amal yang mendukung akses ke perawatan pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak yang rentan. Dalam wawancara fansite, Messi berkata:. “Menjadi terkenal sekarang sedikit memberi saya kesempatan untuk membantu orang yang benar-benar membutuhkannya, terutama anak-anak ” Dalam menanggapi kesulitan sendiri Messi anak medis, Leo Messi Foundation mendukung anak-anak Argentina didiagnosis dengan kondisi medis dengan menawarkan pengobatan di Spanyol dan menutupi biaya transportasi, rumah sakit dan penyembuhan. Messi yayasan didukung oleh aktivitas penggalangan dana sendiri dengan bantuan tambahan dari Herbalife. Pada 11 Maret 2010 Messi diumumkan sebagai duta besar untuk UNICEF.